PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014)

Amat Taufik, DESI AMELIAWATI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (282Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (248Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (173Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (847Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu tolak ukur keberhasilan suatu pembelajaran adalah hasil belajar siswa. Hasil belajar yang baik erat kaitannya dengan aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa dan bahan ajar yang digunakan oleh guru. Hasil wawancara dengan guru IPA di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan keterbatasan bahan ajar yang digunakan guru. Sehingga diperlukan suatu bahan ajar yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan bahan ajar leaflet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain pretes postes non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 dan VIII5 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U melalui SPSS versi 16. Data kualitatif berupa deskripsi tanggapan dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar leaflet dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretes (36,94); postes (72,22); dan N-gain (56,50). Aktivitas belajar juga mengalami peningkatan untuk semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen, yaitu aspek mengemukakan ide (74,99%); aspek bertanya (78,69); aspek bekerja sama (berdiskusi) dengan anggota kelompok (85,79%); dan aspek mempresentasikan hasil diskusi kelompok (73,45%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar leaflet. Dengan demikian, pembelajaran dengan bantuan bahan ajar leaflet berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, leaflet, sistem pencernaan manusia. Desi Ameliawati

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Jul 2014 05:12
Terakhir diubah: 16 Jul 2014 05:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2335

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir