GAYA BAHASA MARIO TEGUH PADA ACARA MARIO TEGUH THE GOLDEN WAYS DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA UNTUK BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII/SEMESTER II

VANNY PUTRA DEWANGGA , 1213041084 (2016) GAYA BAHASA MARIO TEGUH PADA ACARA MARIO TEGUH THE GOLDEN WAYS DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA UNTUK BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII/SEMESTER II. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2187Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1828Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah yaitu bagaimana tindak tutur dalam gaya bahasa Mario Teguh pada acara Mario Teguh The Golden Ways, serta rancangan pembelajarannya di SMA pada kurikulum K-13. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindak tutur dalam gaya bahasa Mario Teguh pada acara Mario Teguh The Golden Ways, serta membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini berupa video atau rekaman acara program televisi Mario Teguh The Golden Ways episode UN No Worries. Data penelitian diperoleh berdasarkan gaya bahasa yang digunakan oleh Mario Teguh pada acara Mario Teguh The Golden Ways episode UN No Worries. Hasil penelitian ditemukan bahwa Mario Teguh menggunakan beragam gaya bahasa sebagai upaya menunjukkan identitas. Penggunaan gaya bahasa sebagai alat komunikasi Mario Teguh bertujuan agar fungsi komunikatif yang terdapat dalam tuturan memiliki daya tarik untuk didengar audien. Tiap tuturan gaya bahasa yang digunakan tersebut mengandung tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi yang menjadi fungsi komunikatif pada tuturan gaya bahasa. Berdasarkan hasil peneltian ditemukan bahwa sebagai motivator Mario Teguh tidak hanya menggunakan gaya bahasa sebagai pembungkus fungsi komunikatif untuk memberikan saran. Namun, Mario Teguh menggunakan gaya bahasa sebagai pembungkus tindak lokusi dan ilokusi direktif yang fungsi komunikatifnya berupa tindakan langsung untuk memerintah serta mengajak audien agar melakukan perubahan sesuai solusi yang disampaikannya. Fungsi komunikatif dari gaya bahasa tersebut digunakan untuk meyakinkan audien agar audien sependapat, dan segera melakukan apa yang dituturkan Mario Teguh. Video talkshow Mario Teguh The Golden Ways episode UN No Worries dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Materi pembelajaran siswa kelas XII semester genap tentang menganalisis teks editorial/opini dengan cermat. Pada kegiatan pembelajaran siswa dapat mengeksplorasi kemampuannya untuk menganalisis bahasa teks editorial/opini dengan cermat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 8780128 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:42
Terakhir diubah: 09 Aug 2016 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23352

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir