Sarni, ANDRIANA KHISBUL FANANI (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LIMBAH (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Sidomulyo Kab. Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (723Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (44Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi proses pembelajaran biologi selama ini yang disampaikan kurang menarik siswa, karena hanya disuguhi materi tanpa melibatkan proses penemuan yang mereka lakukan sendiri, sehingga siswa kurang mengaitkan fakta yang terjadi dilapangan dengan konsep-konsep sains. Sehubungan dengan itu dilakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning pada proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan hasil balajar siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran QL terhadap Hasil Belajar siswa pada materi pokok Limbah pada kelas X IPA SMA Negeri 1 Sidomulyo Kab. Lampung Selatan. Desain penelitian ini adalah pretes-postes. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA2 dan X IPA3 yang dipilih secara acak dengan teknik random sampling. Data kuantitatif berupa data kemampuan hasil belajar siswa pada materi ANDRIANA KHISBUL FANANI pokok Limbah yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U dengan bantuan program SPSS 11. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswaselama proses pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran QL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ini terlihat pada kelas eksperimen rata-rata nilai N-gain sebesar 57,91 dan rata-rata nilai N-gain kelas kontrol sebesar . 36,98.Selain itu, rata-rata aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan sebesar63,66. Aktivitas tersebut meliputi aktivitas bekerja sama dengan teman, mengungkapkan ide atau gagasan, dan mempresentasikan hasil diskusi. Skor tertinggi terdapat pada aspek aktivitas mempresentasikan hasil diskusidan skor terendah terdapat pada aspek mengungkapkan pendapat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran QL meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan pada materi pokok limbah. Kata kunci: hasil belajar, limbah, quantum learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 16 Jul 2014 05:12 |
Terakhir diubah: | 16 Jul 2014 05:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2337 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |