PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

DEA TRYAS AYUNI , 1213033017 (2016) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (976Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (632Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Strategi pembelajaran adalah pendekatan dalam mengelola kegiatan, dengan mengintegrasikan urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran dan siswa, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran permainan bertukar pasangan ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu strategi untuk membuat suasana dalam proses pengajaran berjalan secara menyenangkan dan tidak membosankan bagi para siswa. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana menyenangkan dan ketertarikan siswa saat belajar. Dengan begitu siswa akan merasa senang dan tidak bosan selama proses belajar mengajar berlangsung. Karena terciptanya kegembiraan pada saat belajar. Manfaat dari strategi pembelajaran permainan bertukar pasangan ini yaitu dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat menumbuhkan kesadaran belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Seberapa tinggi meningkatnya minat belajar sejarah siswa kelas X yang diajar menggunakan strategi pembelajaran permainan bertukar pasangan di SMA UTAMA 2 Bandar Lampung Tahun 2015/2016?”. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pre Experimental design dengan desain One-shoot case study. Populasi dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan populasi terpilih yaitu siswa kelas X di SMA Utama 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Strategi Pembelajaran Permainan Bertukar Pasangan dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X.1 di SMA Utama 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 adalah sebesar 79,28% yaitu dalam kategori minat belajar tergolong dalam minat belajar tinggi hasil ini diketahui berdasarkan rata-rata indikator angket minat belajar siswa selama tiga kali pertemuan..

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 5694613 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:28
Terakhir diubah: 11 Aug 2016 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23386

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir