EFEKTIVITAS OUTWARD BOUND ACTIVITES TERHADAP PENINGKATAN TEAMBULDING SISWA DISABILITAS KELAS TINGGI DI SD NEGERI LUAR BIASA KABUPATEN PRINGSEWU TA 2015/2016

Muhammad Reza, 1213051046 (2016) EFEKTIVITAS OUTWARD BOUND ACTIVITES TERHADAP PENINGKATAN TEAMBULDING SISWA DISABILITAS KELAS TINGGI DI SD NEGERI LUAR BIASA KABUPATEN PRINGSEWU TA 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3056Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2691Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas outward bound terhadap peningkatan teambuilding siswa disabilitas kelas tinggi di SD Negeri Luar Biasa Kabupaten Pringsewu. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen Populasi dan sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa kelas tinggi yang terdiri dari 12 siswa tuna rungu, 10 tuna grahita, dan 8 tuna wicara. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument kegiatan outward bound yang telah dibuat, yang terdiri atas aspek tanggung jawab, kerjasama, kepemimpinan, percaya diri, kretivitas. Setelah tes awal siswa dibeikan pelatihan outward bond sesuai dengan program latihan yang telah dibuat kemudian dilakukan tes akhir. Data tes awal dan tes akhir dianalisis menggunakan teknik analisis data uji-t dan di hitung tes uji efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan outward bound efektif dalam meningkatkan teambuilding siswa. Diketahui bahwa hasil nilai rata-rata tes awal mengalami peningkatan pada saat tes akhir setelah diberikan outward bound, dengan nilai rata-rata building pada permainan hulahop adalah 42,80 meningkat menjadi 71,87. Nilai rata-rata permainan pipa bocor yaitu 43,07 meningkat menjadi 72,13. Nilai rata-rata permainan jaring laba-laba yaitu 44,93 meningkat menjadi 71,47. Nilai rata-rata permainan bola bergulir yaitu 44,00 meningkat menjadi 71,33. Dan dilihat dalam kategori kelompok cacat siswa berkelainan tuna runggu dengan tes awal 43,33 meningkat menjadi 70,83, tuna wicara pada tes awal 45,00 meningkat pada tes akhir menjadi 72,50, dan tuna grahita pada tes awal 41,00 meningkat pada tes akhir menjadi 67,00 dan peningkatan keseluruhan pada tes awal 43,11 meningkat pada tes akhir menjadi 69,75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah outward bound efektiv dalam meningkatkan teambuilding siswa kelas tinggi di SD Negeri Luar Biasa Kabupaten Pringsewu. Implikasi bagi para pengajar khusunya guru SD agar menggunakan metode outward bound untuk mengembangkan teambuilding siswa. Kata Kunci : teambulding (kerjasama), disabilitas.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: 2361377 . Digilib
Date Deposited: 12 Aug 2016 01:55
Last Modified: 12 Aug 2016 01:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23387

Actions (login required)

View Item View Item