PENINGKATAN PEMAHAMAN SEKOLAH LANJUTAN DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI MTS MA’ARIF 02 KOTAGAJAH TAHUN AJARAN 2015/2016

ENDAH KUSUMA WARDANI , 1113052016 (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN SEKOLAH LANJUTAN DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI MTS MA’ARIF 02 KOTAGAJAH TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1063Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (852Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman sekolah lanjutan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX di MTs Ma’arif 02 Kotagajah tahun pelajaran 2015/2016. Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman sekolah lanjutan siswa . Permasalahan dalam penelitian adalah “apakah pemahaman sekolah lanjutan siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok”. Metode yang di gunakan adalah quasi eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak 13 siswa kelas IX di MTs Ma’arif 02 Kotagajah, yang memiliki pemahaman sekolah lanjutan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pemahaman sekolah lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman sekolah lanjutan siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok, hal ini ditunjukkan hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest pemahaman sekolah lanjutan yang diperoleh zhitung = -3,181 < z tabel = 0 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemahaman sekolah lanjutan dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX MTs Ma’arif 02 Kotagajah tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Pemahaman, Bimbingan Kelompok, Sekolah Lanjutan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 1976534 . Digilib
Date Deposited: 12 Aug 2016 06:37
Terakhir diubah: 12 Aug 2016 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23394

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir