RIZKI SAMTY AYUNINGTYAS, 1213024059 (2016) PROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA BERDASARKAN PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA) PADA KONTEN BIOLOGI (Kuasi Deskriptif Siswa Kelas IX SMP se-Kecamatan Kedaton di Bandar Lampung). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1165Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (849Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kompetensi literasi sains siswa, perbedaan kompetensi literasi sains berdasarkan gender serta faktor yang mempengaruhi kompetensi literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan studi deskriptif sederhana. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas IX SMP se- Kecamatan Kedaton berjumlah 197 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data kuantitatif berupa skor kompetensi literasi sains diperbolehkan menggunakan instrumen soal PISA, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui perbandingan gender dengan menggunakan uji statistik menggunakan uji Mann- Whitney U, sedangkan data kualitatif pada penelitian ini berupa faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi literasi sains siswa dikumpulkan menggunakan kuisioner siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi literasi sains siswa termasuk dalam kategori “Sangat Rendah” (23,6 ± 3,2). Apabila hasil literasi sains siswa dipisahkan berdasarkan aspek kompetensi ilmiah, walaupun masuk kedalam iii kategori “Sangat Rendah” namun aspek “menggunakan bukti ilmiah” memiliki skor tertinggi diantara ketiga aspek (26,4 ± 4,6), capaian kedua yakni aspek “mengidentifkasi pertanyaan ilmiah” (24,7 ± 3,0) dan yang terakhir aspek “menjelaskan fenomena ilmiah” (19,6 ± 3,0). Kompetensi literasi sains, siswa perempuan memiliki kompetensi literasi sains yang lebih unggul (26,0 ± 1,79) dibanding siswa laki-laki (21,2 ± 1,18). Namun perbedaan tersebut tidak signifikan. Faktor yang mempengaruhi kompetensi literasi sains siswa adalah latar belakang pendidikan orang tua; pemberian PR (pekerjaan rumah) kepada siswa; proses pembelajaran meliputi lama belajar sains di sekolah, keikutsertaan dalam les dan guru yang mengajar les. Kata Kunci : kompetensi literasi sains, faktor kompetensi literasi sains, PISA
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 6457009 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 03:50 |
Terakhir diubah: | 16 Aug 2016 03:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23434 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |