Tukino (Alm), Fatma Dwi Hartini (2014) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA (PTK pada siswa Kelas VII di SMP PGRI 2 Braja Selebah T.P. 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (194Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (394Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (460Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada mata pelajaran IPA merupakan indikasi bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama ini belum optimal. Hal ini dilihat dari hasil belajar IPA siswa SMP PGRI 2 Braja Selebah kelas VII masih rendah. Rata-rata hasil belajar siswa adalah 64 % dari 25 siswa belum mencapai nilai KKM ≥ 65. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa pada sub materi peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang berkalaboratif, dilakukan sebanyak 3 siklus, siklus I terdiri atas 3 kali pertemuan, siklus II dan III terdiri atas 2 kali pertemuan. Model pembelajaran yang digunakan adalah model inkuiri terbimbing. Data yang ditampilkan adalah aktivitas yang terdiri atas : bertanya pada teman, menjawab pertanyaan, mengisi LKS, memperhatikan penjelasan guru, dan melakukan kegiatan diskusi. Data hasil belajar diperoleh dari tes formatif. Data dianalisis dengan secara diskriptif . ii Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar dari siklus- kesiklus mengalami peningkatan, hasil aktivitas belajar siswa yang tertinggi pada siklus III sebesar 88% indikator sangat tinggi pada kegiatan mengisi LKS yaitu 91% dengan kriteria sangat tinggi, pada siklus ini siswa sangat antusias mengerjakan dan melengkapi lembar kerja siswa. Sedangkan yang terendah pada siklus I sebesar 61% indikator terendah pada bertanya pada teman dan menjawab pertanyaan 28% dengan kriteria rendah, pada siklus I kebanyakan siswa tidak mempunyai keberanian dan takut salah serta siswa belum terbiasa belajar mengunakan model inkuiri terbimbing. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada siklus I sebesar 58, siswa tuntas (48%) siklus II sebesar 64 siswa tuntas (60%) dan siklus III sebesar 72 siswa tuntas (84%) . Dengan persentase siswa tuntas belajar pada pra PTK 45 % . Kesimpulan penelitian ini menunjukkan dengan penerapan model inkuiri terbimbing ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII semester ganjil T.P. 2012-2013 pada materi peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, dan model inkuiri terbimbing, IPA.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 16 Jul 2014 05:13 |
Terakhir diubah: | 16 Jul 2014 05:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2348 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |