PENERAPAN MODEL DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 BUMI KENCANA LAMPUNG TENGAH

BAYU NING ATMOKO, 1213053022 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 BUMI KENCANA LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2293Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (677Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 1 Bumi Kencana, Lampung Tengah yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 1 Bumi Kencana, Lampung Tengah pada mata pelajaran IPS menggunakan model discovery. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovry pada pembelajaran IPS di kelas IV B SD Negeri 1 Bumi Kencana, Lampung Tengah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I berkatagori “Cukup aktif” dan pada siklus II meningkat menjadi “Aktif”, lalu pada siklus III meningkat lagi menjadi “Sangat aktif”. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sedang dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi “Tinggi”, kemudian pada silus III meningkat lagi menjadi “Sangat tinggi”. Kata kunci : aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model discovery.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 0751502 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2016 04:44
Terakhir diubah: 23 Aug 2016 04:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23558

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir