BAYU NING ATMOKO, 1213053022 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 BUMI KENCANA LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2293Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (677Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 1 Bumi Kencana, Lampung Tengah yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 1 Bumi Kencana, Lampung Tengah pada mata pelajaran IPS menggunakan model discovery. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovry pada pembelajaran IPS di kelas IV B SD Negeri 1 Bumi Kencana, Lampung Tengah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I berkatagori “Cukup aktif” dan pada siklus II meningkat menjadi “Aktif”, lalu pada siklus III meningkat lagi menjadi “Sangat aktif”. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sedang dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi “Tinggi”, kemudian pada silus III meningkat lagi menjadi “Sangat tinggi”. Kata kunci : aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model discovery.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 0751502 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 04:44 |
Terakhir diubah: | 23 Aug 2016 04:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23558 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |