PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN ARENDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP ISLAM TERPADU BINA INSANI KOTA METRO

LISA RETNO SARI , 1423031036 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN ARENDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP ISLAM TERPADU BINA INSANI KOTA METRO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1883Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1291Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative time token Arends. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas VII A SMP Islam Terpadu Bina Insani Kota Metro Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 24 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan kemampuan komunikasi, dan tes hasil belajar yang berupa soal pilihan jamak sebanyak 20 soal. Data dari hasil observasi dan tes formatif di setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa disetiap siklus setelah penggunaan model cooperative time token Arends dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif, Cooperative Time Token Arends. ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative time token Arends. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas VII A SMP Islam Terpadu Bina Insani Kota Metro Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 24 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan kemampuan komunikasi, dan tes hasil belajar yang berupa soal pilihan jamak sebanyak 20 soal. Data dari hasil observasi dan tes formatif di setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa disetiap siklus setelah penggunaan model cooperative time token Arends dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif, Cooperative Time Token Arends.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 2081441 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2016 07:44
Terakhir diubah: 23 Aug 2016 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23573

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir