EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT

Jahidin, EKA FITRIANA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HLM. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (616Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (198Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (225Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (346Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img] Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2957Kb)

Abstrak

Hasil observasi di SMA Negeri 1 Bukit Kemuning ternyata penguasaan konsep siswa pada materi larutan non-elekrolit dan elektrolit masih rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran konvensional dimana guru lebih berperan aktif dan siswa berperan pasif sehingga kemampuan belajar siswa kurang dapat berkembang. Oleh karena itu, dirancang pembelajaran dengan menerapkan model LC 3E. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran LC 3E dalam meningkatkan penguasaan konsep pada materi pokok larutan non-elektrolit dan elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Kemuning semester genap Tahun 2012-2013 dengan kelas X3 dan X4 sebagai sampel. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu rata-rata penguasaan konsep materi larutan non-elektrolit dan elektrolit menggunakan pembelajaran konvensional lebih rendah dibandingkan penguasaan konsep pembelajaran LC 3E. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan model pembelajaran konvensional memiliki penguasaan konsep siswa lebih rendah dibandingkan kelas dengan pembelajaran LC 3E. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,37 dan 0,54 berdasarkan kriteria n-Gain maka termasuk kategori sedang. Nilai t hitung (2,23) > t tabel(1,68). N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran LC 3E lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Kata kunci: model LC 3E, penguasaan konsep, larutan non-elektrolit dan elektrolit

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 Jan 2014 06:42
Last Modified: 08 Jan 2014 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item