PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 HADUYANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITI GHUFIRA , 1213053108 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 HADUYANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3117Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2667Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi pada pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 1 Haduyang, menunjukkan aktivitas belajar tematik peserta didik belum optimal. Rendahnya aktivitas belajar peserta didik terlihat pada saat mengikuti proses pembelajaran yaitu sebagian kecil peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru, kurang aktif menjawab pertanyaan guru dan kurang aktif mengungkapkan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap aktivitas belajar tematik peserta didik kelas III SD Negeri 1 Haduyang tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas, dan lembar observasi aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 68,4 dengan kategori aktif, sedangkan hasil rata-rata posttest kelas kontrol 57,2 dengan kategori cukup aktif. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,029 (0,029 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan HI diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa model pembelajaran VAK dapat mempengaruhi aktivitas belajar tematik peserta didik. Kata kunci: model pembelajaran VAK, aktivitas belajar, tematik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 4285696 . Digilib
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:34
Terakhir diubah: 29 Aug 2016 04:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23742

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir