HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN GADING REJO (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas SMP Se-Kecamatan Gadingrejo Pringsewu Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016)

BAGAS EPAFRAS SUDARNO , 1213024008 (2016) HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN GADING REJO (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas SMP Se-Kecamatan Gadingrejo Pringsewu Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (941Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (942Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik self-efficacy siswa, mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan mengetahui hubungan selfefficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar. Pada penelitian ini merupakan studi deskriptif sederhana. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII dari tujuh SMP se-Kecamatan Gadingrejo Pringsewu yang berjumlah 576 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data kualitatif berupa skor angket siswa dengan menggunakan instrumen self-efficacy sedangkan Data kuantitatif didapat dari hasil belajar siswa. Kemudian melakukan Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif untuk karakteristik self-efficacy siswa, serta secara statistik menggunakan uji perbedaan Mann-Whitney U Test untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan uji korelasi Kendall’s Tau untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar. iii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Gadingrejo Pringsewu mempunyai self-efficacy “tinggi”(71.34 ± 0.43). Apabila self-efficacy dibagi berdasarkan tiga aspek maka aspek self-efficacy sosial yang lebih tinggi (71.91± 0.51 ) dibandingkan aspek self-efficacy akademik (70.71± 0.51) dan self-efficacy emosional (71.41±0.57). Kemudian ditemukan adanya perbedaan self-efficacy antar gender dengan nilai self-efficacy siswa perempuan yang lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya korelasi positif antara self-efficacy laki-laki dengan hasil belajar siswa laki-laki, yaitu semakin tinggi self-efficacy siswa maka semakin tinggi hasil belajarnya. Ditemukan juga tingkat keeratan hubungan antara self-efficacy lakilaki dengan hasil belajar siswa laki-laki adalah “sangat rendah”. Hasil penelitian selanjutnya mengenai hubungan self-efficacy perempuan dengan hasil belajar perempuan menunjukkan bahwa tidak memiliki hubungan. Kata kunci : gender, hasil belajar siswa, self-efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 0947777 . Digilib
Date Deposited: 06 Sep 2016 03:04
Terakhir diubah: 06 Sep 2016 03:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23777

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir