PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 RAMAN ENDRA TP. 2015/2016

FIKA DEWI , 1213053051 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 RAMAN ENDRA TP. 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (848Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Raman Endra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dan positif pada model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together, dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut berdasarkan uji hipotesis melalui Independent Sample t-test yang menunjukan nilai sign 2-tailed= 0,017 < α = 0,05 dan thitung = 2,506 > ttabel = 2,028. Kata kunci: numbered head together, hasil belajar, matematika.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 4096273 . Digilib
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:41
Last Modified: 28 Sep 2016 08:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23873

Actions (login required)

View Item View Item