PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 METRO SELATAN

FETI RIANTIKA , 1213053050 (2016) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1108Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (840Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VA SD Negeri 2 Metro Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model cooperative learning tipe make a match, dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan Independent Sample ttest. Hasil penelitian menunjukkan, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,43 dan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,32. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui Independent Sample t-test diperoleh nilai sign two tail test = 0,037 < α = 0,05. Jika dibandingkan dengan nilai thitung = 2,160 > ttabel = 2,021, maka H1 diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: cooperative learning tipe make a match, hasil belajar, matematika

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 7718894 . Digilib
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:44
Terakhir diubah: 28 Sep 2016 08:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir