PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 BUMI AGUNG TEGINENENG PESAWARAN

ROHMA FITRIANA, 1413093039 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 BUMI AGUNG TEGINENENG PESAWARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1112Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (772Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya menulis karangan narasi siswa yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 7 orang siswa dari 20 orang siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Menulis Karangan Narasi siswa kelas IV SD Negeri 5 Bumi Agung Tegineneng Pesawaran melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia Khususnya Menulis Karangan Narasi Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori “Aktif”, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa secara klasikasl pada siklus I termasuk dalam katagori “Rendah”, kemudian pada siklus II meningkat menjadi “Tinggi”. Kata kunci: Aktivitas, pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 4607342 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2016 03:20
Terakhir diubah: 13 Oct 2016 03:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24005

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir