MAKNA SIMBOLIS TARI CANGGET AGUNG DALAM UPACARA BEGAWI PADA MASYARAKAT ADAT LAMPUNG PEPADUN BUAY NYERUPA DI KAMPUNG KOMERING PUTIH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

DONNA HERAWATI , 1113033016 (2016) MAKNA SIMBOLIS TARI CANGGET AGUNG DALAM UPACARA BEGAWI PADA MASYARAKAT ADAT LAMPUNG PEPADUN BUAY NYERUPA DI KAMPUNG KOMERING PUTIH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2714Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (709Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Dalam acara begawi, terdapat sebuah acara didalamnya yang dinamakan dengan cangget agung. Pada pelaksanaan cangget agung terdapat suatu acara tari adat dan merupakan sarana pertemuan muli menghanai (bujang dan gadis) yang dilaksanakan di sesat pada malam hari. Tari cangget agung memiliki simbol yang menunjukkan nilai- nilai adat masyarakat Lampung Pepadun. Simbol- simbol yang terdapat pada cangget agung ditunjukkan pada gerak tari cangget agung, pakaian tari cangget agung, serta musik pengiring tari cangget agung. Secara keseluruhan gerak tari cangget agung menggambarkan keagungan dari seekor burung Elang serta memiliki arti yang berhubungan dengan etika atau moral penari cangget agung dan tentang kepribadian seorang punyimbang sebagai pemimpin di dalam kehidupan masyarakat adat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari cangget agung yang dilaksanakan dalam upacara begawi pada masyarakat adat Lampung Pepadun memiliki makna yang disimbolkan dari setiap gerakan yang terdapat pada tari cangget agung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apa sajakah makna simbolis yang terdapat pada gerak tari cangget agung dalam upacara begawi pada masyarakat adat Lampung Pepadun Buay Nyerupa di Kampung Komering Putih Kabupaten Lampung Tengah?”. Tujuannya yaitu untuk mengetahui makna simbolis yang terdapat pada gerak tari cangget agung dalam upacara begawi pada masyarakat adat Lampung Pepadun Buay Nyerupa di Kampung Komering Putih Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Hermeneutika dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis mengambil kesimpulan bahwa makna simbolis pada gerak tari cangget agung berhubungan dengan etika atau moral penari cangget agung yaitu penghormatan dan berhubungan dengan kepribadian seorang punyimbang yang meliputi sikap bijaksana, pemersatu, bersikap adil, pelindung dan menjaga kehormatan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 1743980 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2016 06:58
Terakhir diubah: 13 Oct 2016 06:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24013

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir