Sidi Zakirman, MIRNAWATI (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN OLEH SISWA PADA MATERI PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Semu pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (280Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (619Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar dan sikap peduli lingkungan oleh siswa masih rendah. Maka, diperlukan solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap peduli lingkungan oleh siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan oleh siswa pada materi peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Penelitian ini merupakan studi eksperimen semu yang menggunakan desain pretes postes non-equivalent. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIID dan VIIE yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif berupa hasil belajar (pretes, postes, N-gain) yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa kuesioner dan catatan lapangan mengenai sikap peduli lingkungan yang Mirnawati dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran examples non examples meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa walaupun tidak signifikan (59,19 meningkat menjadi 70,36, dengan N-gain 26,02). Sedangkan, sikap peduli lingkungan oleh siswa berkriteria sangat tinggi dengan rata-rata 85,01% yang didapat dari kuesioner dan 90,91% dari catatan lapangan. Dengan demikian, model pembelajaran examples non examples berpengaruh tidak signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dan berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan oleh siswa. Kata kunci : examples non examples, hasil belajar kognitif, sikap peduli lingkungan, peran manusia dalam pengelolaan lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 24 Jul 2014 02:51 |
Terakhir diubah: | 24 Jul 2014 02:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2406 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |