EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP LAJU REAKSI

Sudarwanto, ESTI NUNGGAL SARI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP LAJU REAKSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (848Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (630Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf - Published Version

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (250Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf - Published Version

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (6Mb)

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran learning cycle 5E ( LC 5E) dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Poncowati tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 173 siswa dan tersebar dalam 5 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang mengguna-kan model pembelajaran LC 5E dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran LC 5E ditunjukkan dengan uji-t dari N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,67 dan 0,44; t’hitung (5,515) > ttabel (1,698). Rata-rata N-gain penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,58 dan 0,46; thitung (2,06) > ttabel (1,6622). Dengan demikian didapat bahwa keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi yang diterapkan model pembelajaran LC 5E lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Dan dapat Esti Nunggal Sari disimpulkan bahwa model pembelajaran LC 5E efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi. Kata kunci: model pembelajaran LC 5E, keterampilan inferensi dan penguasaan konsep

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 Jan 2014 06:55
Last Modified: 08 Jan 2014 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item