Sudarwanto, ESTI NUNGGAL SARI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP LAJU REAKSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK .pdf - Published Version Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (848Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (630Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI .pdf - Published Version Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (250Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV .pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (277Kb) |
||
|
File PDF
BAB V .pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (6Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran learning cycle 5E ( LC 5E) dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Poncowati tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 173 siswa dan tersebar dalam 5 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang mengguna-kan model pembelajaran LC 5E dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran LC 5E ditunjukkan dengan uji-t dari N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,67 dan 0,44; t’hitung (5,515) > ttabel (1,698). Rata-rata N-gain penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,58 dan 0,46; thitung (2,06) > ttabel (1,6622). Dengan demikian didapat bahwa keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi yang diterapkan model pembelajaran LC 5E lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Dan dapat Esti Nunggal Sari disimpulkan bahwa model pembelajaran LC 5E efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi. Kata kunci: model pembelajaran LC 5E, keterampilan inferensi dan penguasaan konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 06:55 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 06:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/241 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |