DIMENSI METAFIKSI DALAM NOVEL TRILOGI SOEKRAM KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

DIAN PUTRI PANNARAB , 1213041024 (2016) DIMENSI METAFIKSI DALAM NOVEL TRILOGI SOEKRAM KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (964Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (720Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah dimensi metafiksi dalam novel Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajarannya di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dimensi metafiksi dalam novel Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan adanya dimensi metafiksi dalam novel Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono. Secara keseluruhan juru cerita dalam novel menggunakan beberapa karakteristik metafiksi yang dijadikan sebagai piranti untuk mengisahkan cerita dalam novel Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono. Piranti metafiksi tersebut yaitu penciptaan biografi penulis imajiner, penyajian karya fiksi tokoh imajiner, pengarang melibatkan diri dengan tokoh fiksi, metafiksi menolak menjadi ‘kehidupan nyata’, menampilkan refleksivitas, penampilan dari penulis sebagai tokoh, kesadaran tokoh bahwa mereka hanyalah tokoh. Dan ditemukan juga anakronisme sebagai piranti yang mendukung dimensi metafiksi tersebut. Rancangan pembelajaran terhadap hasil penelitian, berupa RPP sebagai bahan pembelajaran untuk siswa SMA kelas XII semester genap dengan kompetensi dasar 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Kata kunci : metafiksi, novel, rancangan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 7700867 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2022 01:42
Terakhir diubah: 23 May 2022 01:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24102

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir