PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP

M. FAJAR MUARIF, 1213022043 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (805Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (687Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan instrumen performance assessment berbasis scientific approach terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VII. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah the non-equivalent pretest-posttest control group design. Data diperoleh dengan cara menggunakan angket penilaian diri dan penilaian teman sejawat pada aspek afektif, pada aspek kognitif menggunakan tes (pretest-posttest), dan aspek psikomotor menggunakan instrumen performance assessment berbasis scientific approach. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji perbedaan yakni uji-t. Data hasil penelitian diolah secara statistik dan matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan instrumen performance assessment berbasis scientific approach terhadap hasil belajar siswa, dilihat dari meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Rata-rata hasil belajar afektif dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan instrumen performance assessment berbasis scientific approach sebesar 85,96 serta rata-rata nilai akhir kognitif dan psikomotor sebesar 78,36 dan 78,11. Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa sebesar 53 dengan N-gain sebesar 0,71 (kategori tinggi). Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, performance assessment, scientific approach.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 5101642 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2016 07:53
Terakhir diubah: 19 Oct 2016 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24115

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir