EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN

DHAIFINA TRIAS SUKAWATI , 1113023008 (2016) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (979Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (893Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas discovery learning dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengomunikasikan pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandar Lampung semester genap Tahun 2015-2016 dengan kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 4 sebagai sampel. Metode peneli¬tian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Control Group Design. Efektivitas ini diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eks¬perimen masing-masing 0,4 dan 0,73; dan nilai rata-rata n-Gain keterampilan mengo¬munikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,36 dan 0,68. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata yang dilakukan, disimpulkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan dan mengo¬munikasikan pada materi larutan penyangga yang diterapkan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menun¬jukkan bahwa pembelajaran menggunakan discovery learning pada materi larutan penyangga efektif mening¬katkan keterampilan siswa dalam mengelom¬pokkan dan mengomunikasikan. Kata kunci: larutan penyangga, discovery learning, keterampilan mengelompokkan dan mengomunikasikan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 8140737 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:39
Terakhir diubah: 10 Nov 2016 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24189

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir