RELIGIOSITAS DALAM NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

NUR MILA, 1213041064 (2016) RELIGIOSITAS DALAM NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (942Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (660Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah religiositas dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajarannya di- SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan religiositas yang meliputi lima dimensi yaitu, perkawinan lintas agama, perbedaan adat dan budaya, perbedaan agama, intensitas pertemuan, dan simbolisme tokoh novel. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data dan analisis data adalah teknik analisis teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiositas pada tokoh novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono sudah terlihat. Religiositas tokoh ditunjukkan dengan permasalahan perkawinan lintas agama yang didasari oleh perasaan yang dimiliki seseorang dengan keterbatasannya dalam menyikapi suatu hubungan yang dilatarbelakangi oleh perbedaan agama dan budaya. Berdasarkan hasil analisis terhadap religiositas dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono penulis menyimpulkan bahwa dimensi religiositas yang paling banyak ditemukan adalah dimensi perkawinan lintas agama sebanyak dua puluh enam data. Rancangan pembelajaran religiositas dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dirancang sebagai bahan pembelajaran untuk peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII semester genap dengan Kompetensi Dasa 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Kata kunci : religiositas, novel, rancangan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 8878380 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2016 08:07
Terakhir diubah: 25 Oct 2016 08:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24218

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir