NUR MILA, 1213041064 (2016) RELIGIOSITAS DALAM NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (942Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (660Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah religiositas dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajarannya di- SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan religiositas yang meliputi lima dimensi yaitu, perkawinan lintas agama, perbedaan adat dan budaya, perbedaan agama, intensitas pertemuan, dan simbolisme tokoh novel. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data dan analisis data adalah teknik analisis teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiositas pada tokoh novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono sudah terlihat. Religiositas tokoh ditunjukkan dengan permasalahan perkawinan lintas agama yang didasari oleh perasaan yang dimiliki seseorang dengan keterbatasannya dalam menyikapi suatu hubungan yang dilatarbelakangi oleh perbedaan agama dan budaya. Berdasarkan hasil analisis terhadap religiositas dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono penulis menyimpulkan bahwa dimensi religiositas yang paling banyak ditemukan adalah dimensi perkawinan lintas agama sebanyak dua puluh enam data. Rancangan pembelajaran religiositas dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dirancang sebagai bahan pembelajaran untuk peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII semester genap dengan Kompetensi Dasa 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Kata kunci : religiositas, novel, rancangan pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 8878380 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 08:07 |
Terakhir diubah: | 25 Oct 2016 08:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24218 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |