PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN METODE CERAMAH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG

DEVILIA SISTANTRI WIJAYA, 12130530330 (2016) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN METODE CERAMAH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (898Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (899Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar IPS siswa di kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model STAD dan metode ceramah terhadap peningkatan prestasi belajar IPS siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode (quasi experiment) yaitu metode yang melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Desain penelitian non equivalent control group design, yaitu desain kuasi eksperimen dengan melihat perbedaan pretest maupun posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak dipilih secara random (acak). Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VB dan VC dengan jumlah siswa 80 siswa. Teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Teknik Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat perbedaan penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) dan metode ceramah terhadap peningkatan prestasi belajar IPS kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran ceramah pada kelas kontrol. Kata Kunci: Metode ceramah, Model Student Teams Achievement Division (STAD), prestasi belajar IPS. ABSTRACT The problem in this research is the low achievement of social studies students not applied STAD and Methods Lecture model in science learning activities in class V SD Negeri 1 Rajabasa. This study aims to determine the effect of using STAD model to increase student learning achievement IPS. The method used in this research is quasi experimental research design nonequivalent control group design, ie quasi-experimental design with pretest and posttest to see the difference between the experimental class and control class that are not selected at random (random). This study using purposive sampling technique. The main instruments used were a test. Data were analyzed using t-test. The results of data analysis research concluded that there are significant usage models Student Teams Achievement Division (STAD) to increase learning achievement in social studies class V SD Negeri 1 Rajabasa Kingdom. This is indicated by the average value of student achievement the following study uses a model IPS Student Teams Achievement Division (STAD) in the experimental class of student achievement that followed the lecture on the teaching methods control class. Keywords: learning achievement IPS, Methods Lecture, Student Teams Achievement division model.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 5970248 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2016 07:25
Terakhir diubah: 25 Oct 2016 07:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24230

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir