PENGGUNAAN IEKAD DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANTAPAN RENCANA PILIHAN JABATAN (Studi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tumijajar Tahun Ajaran 2015/2016)

Fieyora Purba Ranny, 1213052010 (2016) PENGGUNAAN IEKAD DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANTAPAN RENCANA PILIHAN JABATAN (Studi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tumijajar Tahun Ajaran 2015/2016). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIIDKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (970Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (801Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah pada umumnya siswa SMA N 1 Tumijajar belum mantap dalam rencana pilihan jabatannya. Para siswa mengalami kebingungan saat ditanya mengenai rencana pilihan jabatannya yang akan ditekuni setelah lulus sekolah nanti. Hal ini disebabkan oleh minimnya informasi mengenai jabatan serta kurangnya pemahaman diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan IEKAD dalam layanan konseling kelompok guna meningkatkan kemantapan rencana pilihan jabatan siswa kelas XI di SMA N 1 Tumijajar. Metode yang digunakan adalah metode Pre-Eksperimental designs dengan desain penelitian one group pre-test and post-test designs. Penelitian ini melibatkan 28 siswa yang terdiri dari 24 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Data kemantapan pilihan jabatan siswa dijaring dengan menggunakan skala kemantapan rencana pilihan jabatan. Kemudian dianalisis dengan statistik parametrik menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai t hitung > t tabel (22,439 > 2,8) maka Ho ditolak. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemantapan rencana pilihan jabatan siswa mengalami peningkatan setelah pemberian layanan konseling kelompok menggunakan IEKAD. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata nilai pretest lebih tinggi daripada posttest siswa setelah perlakuan. Artinya penggunaan IEKAD dalam layanan konseling kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan kemantapan rencana pilihan jabatan siswa. Kata kunci : IEKAD, jabatan, konseling kelompok, pilihan jabatan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 9422361 . Digilib
Date Deposited: 27 Oct 2016 07:26
Terakhir diubah: 27 Oct 2016 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24345

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir