IDENTIFIKASI SOAL TES UTS DAN UAS MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI ANDERSON (Penelitian Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran Tahun Ajar 2015/2016)

FEGA AYU GENTARI , 1213024024 (2016) IDENTIFIKASI SOAL TES UTS DAN UAS MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI ANDERSON (Penelitian Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran Tahun Ajar 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1147Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1024Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesesuaian soal tes UTS dan UAS berdasarkan dimensi kognitif dan dimensi pengetahuan taksonomi Bloom revisi Anderson serta, mengetahui perbedaan proporsi dimensi kognitif dan dimensi pengetahuan soal tes UTS dan UAS berdasarkan tingkatan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh soal tes UTS dan UAS mata pelajaran Biologi kelas X, XI dan XII Tahun Ajaran 2015/2016 di SMA se- Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran. Data yang diperoleh berupa dokumen soal tes biologi yang dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu, soal pilihan jamak dan esei. Data tersebut diidentifikasi berdasarkan dimensi kognitif dan dimensi pengetahuan taksonomi Bloom Revisi Anderson. Berdasarkan hasil identifikasi soal tes Fega Ayu Gentari iii UTS kelas X, XI dan XII dengan jumlah soal 430 butir soal, diketahui sebanyak 310 (72%) butir soal merupakan soal tes dimensi kognitif C1 dan 120 (35.2%) butir soal merupakan soal tes dimensi kognitif C2. Sedangkan, hasil identifikasi pada sampel soal tes UAS kelas X, XI dan XII dengan jumlah 795 butir soal, diketahui sebanyak 448 (56.3%) butir soal merupakan soal tes dimensi kognitif C1. 96 (12%) butir soal merupakan soal tes dimensi kognitif C2 serta, sebanyak 14 (1.76%) butir soal merupakan soal tes dimensi kognitif C3 dengan dimensi pengetahuan prosedural. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa soal tes UTS dan UAS yang digunakan di SMA se- Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran Tahun Ajaran 2015/2016 masih belum terdisribusi secara merata dalam dimensi kognitif taksonomi Bloom revisi Anderson serta, tidak terdapat perbedaan proporsi pada soal tes UTS dan UAS baik kelas X, XI maupun kelas XII yang digunakan. Kata Kunci: Soal, Tes, UTS, UAS, Dimensi, Kognitif, Pengetahuan, Taksonomi, Bloom, Revisi, Anderson.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 7096428 . Digilib
Date Deposited: 09 Nov 2016 08:21
Last Modified: 09 Nov 2016 08:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24470

Actions (login required)

View Item View Item