IDENTIFIKASI SOAL TES UTS DAN UAS MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI ANDERSON (Penelitian Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran Tahun Ajar 2015/2016)

FEGA AYU GENTARI , 1213024024 (2016) IDENTIFIKASI SOAL TES UTS DAN UAS MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI ANDERSON (Penelitian Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran Tahun Ajar 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1147Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1024Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesesuaian soal tes UTS dan UAS berdasarkan dimensi kognitif dan dimensi pengetahuan taksonomi Bloom revisi Anderson serta, mengetahui perbedaan proporsi dimensi kognitif dan dimensi pengetahuan soal tes UTS dan UAS berdasarkan tingkatan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh soal tes UTS dan UAS mata pelajaran Biologi kelas X, XI dan XII Tahun Ajaran 2015/2016 di SMA se- Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran. Data yang diperoleh berupa dokumen soal tes biologi yang dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu, soal pilihan jamak dan esei. Data tersebut diidentifikasi berdasarkan dimensi kognitif dan dimensi pengetahuan taksonomi Bloom Revisi Anderson. Berdasarkan hasil identifikasi soal tes Fega Ayu Gentari iii UTS kelas X, XI dan XII dengan jumlah soal 430 butir soal, diketahui sebanyak 310 (72%) butir soal merupakan soal tes dimensi kognitif C1 dan 120 (35.2%) butir soal merupakan soal tes dimensi kognitif C2. Sedangkan, hasil identifikasi pada sampel soal tes UAS kelas X, XI dan XII dengan jumlah 795 butir soal, diketahui sebanyak 448 (56.3%) butir soal merupakan soal tes dimensi kognitif C1. 96 (12%) butir soal merupakan soal tes dimensi kognitif C2 serta, sebanyak 14 (1.76%) butir soal merupakan soal tes dimensi kognitif C3 dengan dimensi pengetahuan prosedural. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa soal tes UTS dan UAS yang digunakan di SMA se- Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran Tahun Ajaran 2015/2016 masih belum terdisribusi secara merata dalam dimensi kognitif taksonomi Bloom revisi Anderson serta, tidak terdapat perbedaan proporsi pada soal tes UTS dan UAS baik kelas X, XI maupun kelas XII yang digunakan. Kata Kunci: Soal, Tes, UTS, UAS, Dimensi, Kognitif, Pengetahuan, Taksonomi, Bloom, Revisi, Anderson.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 7096428 . Digilib
Date Deposited: 09 Nov 2016 08:21
Terakhir diubah: 09 Nov 2016 08:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24470

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir