PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 5 MERAK BATIN KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017

TERA ARISTASARI, 1313093135 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 5 MERAK BATIN KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (731Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (732Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang muncul dalam penelitian ini adalah, aktivitas dan hasil belajar IPA Kelas V SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan masih 30% siswa dibawah KKM yang ditentukan yaitu 65, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA menggunakan model cooperative type jigsaw. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian ini berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi, perncanaan , pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Pengumpulan data dalam PTK ini menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative type jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (62%) menjadi (70%) pada siklus II, Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I (62) menjadi (69) pada siklus II. Kata kunci : aktivitas belajar, cooperative type jigsa, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 9524418 . Digilib
Date Deposited: 28 Nov 2016 06:51
Terakhir diubah: 28 Nov 2016 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24541

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir