PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS X SMAN 2 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Lovira Trisni Valencia, 1213041050 (2016) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS X SMAN 2 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (741Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh media audio visual terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa SMAN 2 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media audio visual terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa SMAN 2 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Sumber data penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 SMAN 2 Tulang Bawang Tengah tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 84 siswa. Perlakuan diberikan kepada kelas X1 dan X2. Kelompok Eksperimen di kelas X2 dan kelompok kontrol di kelas X1. Dasar penelitian ini berbentuk Pretes − Pelakuan − Postes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus t-tes. Hasil penghitungan uji-t kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf kepercayaan 0,95 yaitu tes awal kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 1,266 < 2,637, tes akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 5,8 > 2,637, tes awal dan akhir kelompok kontrol adalah 4,64 > 2,637, dan tes awal dan akhir kelompok eksperimen adalah 11,83 > 2,637. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan dalam kemampuan tes awal kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perbedaan terdapat pada hasil penghitungan tes akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, tes awal dan akhir kelompok kontrol dan tes awal dan akhir kelompok eksperimen. Selanjutnya, hasil penghitungan nilai gain kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 6,801 > 6,637. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan membaca puisi yang signifikan antara kelompok eksperimen yang diberi pembelajaran menggunakan media audio visual dan kelompok kontrol yang diberi pembelajaran tanpa media audio visual. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual lebih efektif dan dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi daripada tanpa media audio visual. kata kunci : kemampuan membaca puisi, media audio visual, pengaruh.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 7813637 . Digilib
Date Deposited: 28 Nov 2016 07:57
Last Modified: 28 Nov 2016 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24544

Actions (login required)

View Item View Item