PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMP

Nelly Mustika Ayu, 0913022102 (2014) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMP. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (530Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (546Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (508Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTRA TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (371Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan diketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang melibatkan penilaian siswa dalam pembelajaran terkadang sudah diterapkan, namun penilaian siswa untuk aspek proses pembelajaran jarang dilakukan karena guru lebih sering menilai siswa dari hasil belajar, padahal penilaian berupa hasil kegiatan kurang mampu menunjukkan kemampuan dari tiap individu siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian keterampilan metakognisi yang memuat kompetensi, materi, uraian tugas, paduan penggunaan, rubrik (panduan penskoran) dan lembar penilaian keterampilan metakognisi. Pengembangan instrumen penilaian keterampilan metakognisi mengadaptasi model pengembangan instrumen penilaian keterampilan metakognisi termodifikasi yang diadaptasi dari prosedur pengembangan produk dan uji produk menurut Asyar. Mengacu pada model pengembangan tersebut yang meliputi: penelitian pendahuluan, pengembangan produk, validasi ahli, uji Nelly Mustika Ayu coba lapangan yang terdiri dari uji satu lawan satu dan kelompok. Hasil uji ahli menunjukkan instrumen penilaian keterampilan metakognisi yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai instrumen penilaian. Hasil uji lapangan menunjukkan instrumen penilaian keterampilan metakognisi efektif dengan skor 76,7% digunakan sebagai instrumen penilaian. Kualitas instrumen penilaian keterampilan metakognisi: menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat. Kata kunci: pengembangan, instrumen penilaian keterampilan metakognisi, pembelajaran IPA

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 839909 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:05
Last Modified: 18 Aug 2014 04:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item View Item