Darsono Fenti Mifthul Jannah, 1013053010 (2014) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKA AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS I A SDN 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Lampung, FKIP.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (242Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (235Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (210Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (433Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran tematik terpadu di kelas I A SDN 7 Metro Pusat belum berlangsung seperti yang diharapkan. Terbukti dari hasil observasi bahwa 7 siswa (30,43%) dari 23 jumlah siswa keseluruhan yang memperoleh nilai hasil belajar kategori “sangat baik dan baik” (nilai ≥66). Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas I A SDN 7 Metro Pusat menggunakan media visual. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes, analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat setiap siklusnya yaitu 47,83% (Cukup Aktif) pada siklus I, meningkat menjadi 65,22% (Aktif) pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 82,61% (Sangat Aktif) pada siklus III. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 56,50 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 60,85 dan pada siklus III meningkat menjadi 75,59. Persentase siswa yang memperoleh nilai kategori “sangat baik dan baik” (nilai ≥66) pada siklus I sebesar 47,83% (Cukup Baik) meningkat pada siklus II menjadi 73,91% (Baik) dan pada akhir siklus III meningkat menjadi 86,96% (Sangat Baik). Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, media visual. Integrated thematic learning in class IA SDN 7 Metro Center is not taking place as expected. Evident from the observation that 7 students (30.43%) of the 23 total number of students who received grades of learning outcomes category "excellent and good" (value ≥66). The purpose of this research is to improve the activity and the learning outcomes of students in the classroom thematic integrated IA SDN 7 Metro Center using visual media. The method used was Classroom Action Research (CAR) was conducted in three cycles, each cycle consisting of four phases of activities, namely the planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques using non-test and test techniques. Data collection tool in the form of observation and test questions, data analysis using qualitative and quantitative analysis techniques. The results showed that the use of visual media in learning can increase activity and student learning outcomes. Increased student learning activities in each cycle is 47.83% (Quite Active) in the first cycle, increased to 65.22% (Active) in the second cycle, and increased to 82.61% (Highly Active) on the third cycle. The average value of increased student learning outcomes of each cycle, the first cycle of 56.50 and then increased in the second cycle becomes 60.85 and the third cycle increased to 75.59. The percentage of students who received grades category "excellent and good" (≥66 value) in the first cycle of 47.83% (Good Enough) increased in the second cycle becomes 73.91% (Good) and at the end of the third cycle increased to 86, 96% (Very Good). Keywords: learning activities, learning outcomes, visual media.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 985147 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Aug 2014 03:57 |
Terakhir diubah: | 15 Aug 2014 03:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2472 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |