EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Bandung, FRANSISKA OLIVIA DEWANTI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (1613Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (534Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (874Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-1.pdf - Published Version

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-2.pdf - Published Version

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (214Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (75Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3465Kb)

Abstrak

Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih serta menerapkan model pembelajaran. Ketepatan memilih dan menerapkan model pembelajaran sangat mempengaruhi keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menyimpulkan. Model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menyimpulkan adalah model pembelajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam mening-katkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menyimpulkan pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Fransiskus Bandar Lampung kelas X4 dan X5 semester Genap Tahun Ajaran 2012-2013. Fransiska Olivia Dewanti Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan sederhana untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,47 dan 0,75; sedangkan rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,54 dan 0,66. Hal ini menunjukkan bahwa pembel-ajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menyimpulkan. Kata kunci: pembelajaran Problem Solving, keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menyimpulkan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 Jan 2014 07:06
Last Modified: 08 Jan 2014 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item