Bandung, FRANSISKA OLIVIA DEWANTI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (1613Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (534Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (874Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II-1.pdf - Published Version Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II-2.pdf - Published Version Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (214Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (225Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (75Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3465Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih serta menerapkan model pembelajaran. Ketepatan memilih dan menerapkan model pembelajaran sangat mempengaruhi keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menyimpulkan. Model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menyimpulkan adalah model pembelajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam mening-katkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menyimpulkan pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Fransiskus Bandar Lampung kelas X4 dan X5 semester Genap Tahun Ajaran 2012-2013. Fransiska Olivia Dewanti Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan sederhana untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,47 dan 0,75; sedangkan rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,54 dan 0,66. Hal ini menunjukkan bahwa pembel-ajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menyimpulkan. Kata kunci: pembelajaran Problem Solving, keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menyimpulkan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 07:06 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 07:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/248 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |