PENDERITAAN TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA DAN REMBANG JINGGA KARYA TJ. OETORO DAN DWIYANA PREMADI SERTA RANCANGAN PEMBELAJARAN DI SMA

ANGGUN KINANTI, 1213041008 (2016) PENDERITAAN TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA DAN REMBANG JINGGA KARYA TJ. OETORO DAN DWIYANA PREMADI SERTA RANCANGAN PEMBELAJARAN DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1222Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (704Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penderitaan perempuan dalam novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia dan Rembang Jingga karya TJ. Oetoro dan Dwiyana Premadi serta rancangan pembelajarannya di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana penderitaan dalam novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia dan Rembang Jingga karya TJ. Oetoro dan Dwiyana Premadi serta rancangan pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia dan Rembang Jingga karya TJ. Oetoro dan Dwiyana Premadi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan adanya penderitaan yang dialami tokoh perempuan dalam novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia dan Rembang Jingga karya TJ. Oetoro dan Dwiyana Premadi. Tokoh perempuan tersebut adalah Arini, Meirose, Karina, Ires, dan Diar. Secara keseluruhan dalam novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia dan Rembang Jingga karya TJ. Oetoro dan Dwiyana Premadi tokoh perempuan mengalami penderitaan yaitu penderitaan psikis, penderitaan fisik, dan penderitaan seksual. Tokoh perempuan dalam novel mengalami tahapan dalam menghadapi penderitaan yaitu tahap denial atau penolakan, tahap anger atau marah, tahap bargaining atau tawar-menawar, tahap depression atau kesedihan mendalam, dan tahap acceptence atau menerima. Rancangan pembelajaran terhadap hasil penelitian, berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai bahan pembelajaran untuk siswa SMA kelas XI semester ganjil dengan kompetensi dasar 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Kata kunci : penderitaan, novel, rancangan pembelajaran

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PA Classical philology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 4158786 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2016 04:21
Last Modified: 23 Dec 2016 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24833

Actions (login required)

View Item View Item