PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimental Semu Pada Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Penawaja Lampung Timur Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016)

HERNING TIARA AYU , 0913024008 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimental Semu Pada Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Penawaja Lampung Timur Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.PDF

Download (702Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (573Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada 31 Maret 2016 di MTs Ma’arif Penawaja Lampung Timur pada kelas VII tahun pelajaran 2015/2016 dengan desain pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari pretes dan postes yang dianalisis menggunakan Uji-t dan Uji-U pada taraf kepercayaan 5%. Hasil uji-t nilai pretes siswa pada kelas kontrol dan eksperimen Lh (0,186) > Lt (0,161), untuk nilai postes kelas kontrol Lh (0,146) < Lt (0,161) dan kelas eksperimen Lh (0,142) < Lt (0,161), untuk nilai N-gain pada siswa kelas kontrol Lh (0,144) < Lt (0,161) dan kelas eksperimen Lh (0,145) < Lt (0,161). Hasil uji-U nilai pretes siswa pada kelas kontrol dan eksperimen p (0,869) > (0,161). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretes pada kelas kontrol tidak berbeda signifikan dengan kelas eksperimen. Rata-rata nilai pretes kelas kontrol 48,50 ± 12,54, rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 48,83 ± 10,96. Rata-rata nilai postes kelas kontrol berbeda signifikan dengan kelas eksperimen. Rata-rata nilai postes kelas kontrol 66,83± 9,14, rata-rata nilai postes kelas eksperimen 75,17 ± 7,37. Rata-rata N-gain kelas kontrol berbeda signifikan dengan kelas eksperimen. Rata-rata N-gain kelas kontrol 35,29 ± 10,61, rata-rata kelas eksperimen 50,46 ± 13,49. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tipe STAD yang dianalisis secara deskriptif berdasarkan hasil pernyataan dalam angket. Hasil angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran STAD untuk pernyataan senang mempelajari materi pokok ekosistem melalui model pembelajaran STAD sebanyak 86,67%, lebih mudah mempelajari materi melalui model pembelajaran STAD sebanyak 90,00%, lebih mudah mengerjakan soal setelah belajar menggunakan model pembelajaran STAD sebanyak 86,67%, belajar menggunakan kemampuan sendiri melalui model pembelajaran tipe STAD sebanyak 80,00%, sulit memahami materi melalui model pembelajaran STAD sebanyak 23,33%, sulit mengerjakan soal setelah belajar dengan menggunakan STAD sebanyak 16,67%, sulit berinteraksi dengan teman dalam proses pembelajaran dengan menggunakan STAD sebanyak 13,33%, merasa sulit mengerjakan soal di LKS menggunakan STAD sebanyak 40,00%. Hasil analisis rata-rata nilai N-gain per indikator soal C1 tidak berbeda signifikan p (0,112 < 0,161). Rata-rata nilai N-gain per indikator soal C2 tidak berbeda signifikan dengan p (0,410 > 0,161). Rata-rata nilai N-gain per indikator C3 berbeda signifikan dengan p (0,036 < 0,161). Rata-rata nilai N-gain per indikator C4 berbeda signifikan dengan p (0,000 < 0,161). Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe STAD berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem di MTs Ma’arif Penawaja Lampung Timur. Kata kunci : Ekosistem, hasil belajar, dan STAD.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 6350412 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2016 07:43
Last Modified: 23 Dec 2016 07:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24853

Actions (login required)

View Item View Item