PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 1 MARGAAGUNG KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

JAMIL HARDI, 1413093017 (2016) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 1 MARGAAGUNG KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (938Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas V SDN 1 Margaagung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V menggunakan metode disksusi di SDN 1 Margaagung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I, aktivitas siswa sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari data yang ada dengan jumlah siswa 20 siswa terdapat 14 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran. Sedangkan terdapat 6 orang siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran dengan persentase keaktifan siswa mencapai 70% siswa yang aktif. Siklus II 16 orang siswa aktif dan 4 orang siswa yang tidak aktif dengan persentase keaktifan siswa pada pembelajaran siklus II mencapai 80%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 20 orang siswa terdapat 15 orang siswa yang tuntas belajar dan 5 orang siswa yang belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan siswa mencapai 75% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus II hasil belajar siswa dari jumlah siswa 20 orang siswa, terdapat 17 orang siswa yang tuntas belajar. Sedangkan siswa yang belum tuntas belajar hanya terdapat 3 orang siswa. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 85% siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, metode diskusi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 9324588 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2016 08:24
Last Modified: 23 Dec 2016 08:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24872

Actions (login required)

View Item View Item