JAMIL HARDI, 1413093017 (2016) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 1 MARGAAGUNG KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (938Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (938Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas V SDN 1 Margaagung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V menggunakan metode disksusi di SDN 1 Margaagung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I, aktivitas siswa sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari data yang ada dengan jumlah siswa 20 siswa terdapat 14 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran. Sedangkan terdapat 6 orang siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran dengan persentase keaktifan siswa mencapai 70% siswa yang aktif. Siklus II 16 orang siswa aktif dan 4 orang siswa yang tidak aktif dengan persentase keaktifan siswa pada pembelajaran siklus II mencapai 80%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 20 orang siswa terdapat 15 orang siswa yang tuntas belajar dan 5 orang siswa yang belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan siswa mencapai 75% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus II hasil belajar siswa dari jumlah siswa 20 orang siswa, terdapat 17 orang siswa yang tuntas belajar. Sedangkan siswa yang belum tuntas belajar hanya terdapat 3 orang siswa. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 85% siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, metode diskusi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 9324588 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Dec 2016 08:24 |
Terakhir diubah: | 23 Dec 2016 08:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24872 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |