HUBUNGAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA

RISTI DIANTI, 1213053101 (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3907Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3454Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara; (2) hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan mengadakan variasi guru dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara; (3) hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dan keterampilan mengadakan variasi guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatiif. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 84 siswa, dengan sampel sebanyak 42 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel sistematis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,572 berada pada taraf “Cukup Kuat”; (2) ada hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan mengadakan variasi guru dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,316 berada pada taraf “Rendah”; (3) ada hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dan keterampilan mengadakan variasi guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,584 berada pada taraf “Cukup Kuat”. Kata kunci:..keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, prestasi m..belajar .IPS.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 6790711 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2016 08:42
Last Modified: 23 Dec 2016 08:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24876

Actions (login required)

View Item View Item