EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATAKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN

YESI ELMASARI , 0913023020 (2016) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATAKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (953Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning pada materi koloid dalam meningkatakan penguasaan Konsep dan keterampilan menyimpulkan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015-2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA2 dan MIPA3. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen deangan Non Equivalent Pretest-Postest Control Grup Design. Efektivitas model discovery learning ditunjukan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas Kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata n-Gain penguasaan konsep pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,41 dan 0,58, sedangkan rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,56 dan 0,68. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa rata-rata n-Gain penguasaan konsep dan keterampilan menyimpulkan pada materi koloid dengan menggunakan model discovery learning lebih tinggi dari pada rata-rata n-Gain penguasaan konsep dan keterampilan menyimpulkan pada materi koloid dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning pada materi koloid efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan menyimpulkan siswa. Kata kunci : discovery learning, koloid, penguasaan konsep dan keterampilan menyimpulkan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 3759727 . Digilib
Date Deposited: 27 Dec 2016 07:40
Last Modified: 27 Dec 2016 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24904

Actions (login required)

View Item View Item