PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI SD AR-RAUDAH BANDAR LAMPUNG

PUTRI AFRIYANI, 1213043036 (2016) PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI SD AR-RAUDAH BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (7Mb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (7Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran tari bedana dengan menggunakan metode problem solving di SD Ar-Raudah Bandar Lampung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran tari bedana menggunakan metode problem solving di SD Ar-Raudah Bandar Lampung. Teori yang digunakan untuk membedah penelitian ini adalah teori pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 14 siswa dan guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mereduksi data dengan cara mengumpulkan, merangkum, dan memilih hal-hal yang pokok yang sesuai untuk dianalisis. Instrument penilaian menggunakan sistem penilaian hafalan, nontes pada pembelajaran, dan penilaian hasil dalam menarikan tari bedana. Pada proses pembelajaran tari bedana menggunakan metode problem solving terdiri dari 5 langkah yaitu (1) mendefinisikan masalah dimulai dengan guru menentukan tujuan pembelajaran, (2) mendiagnosis masalah dimulai dengan guru memberikan pertanyaan, (3) merumuskan alternatif strategi dimulai dengan siswa menentukan penyelesaian masalah, (4) menentukan dan menerapkan strategi dimulai dengan guru membentuk siswa dalam kelompok, dan (5) mengevaluasi keberhasilan strategi dimulai dengan guru menugaskan siswa menghafal ragam gerak tari bedana. Kata kunci: Pembelajaran, Metode problem solving, permasalahan, Tari bedana abstract The problem of this study is how the process of bedana dance learning through problem solving methods in SD Ar-Raudah Bandar Lampung. The aimed of this study was to understanding the process of bedana dance through problem solving methods in SD Ar-Raudah Bandar Lampung. Contructivism theory was used in this study to observed the learning procces of bedana dance. Qualitative description method was used in this study. Observation, interview and documentation were data collection techniques used in this study. The sources of data in this study were collected from teacher and 14 students. The analysis data in this study was by reduction of data, summarize, and collect the important things that are appropriate to analysis. The research instruments were used in this study such as scoring system of memorizing, non test on learning, and the final test of bedana dance. Bedana dance learning through problem solving method consist in five steps, (1) discribed the problem by introduced the objective of learning, (2) diagnosed the problem by provided the questions, (3) formulated an alternative strategy by determined the problem, (4) determinded and implemented the strategy by formed a group of student, and (5) evaluated the success of the strategy by provided the assignments to memorize range motion of bedana dance. Futhermore, problem solving methods could help students to find out and solved the problem in bedana dance. Keywords: learning, problem solving method, problems, bedana dance

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 7548658 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:39
Terakhir diubah: 29 Dec 2016 01:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24959

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir