PENGARUH ATRIBUT SUPERMARKET, MOTIF BELANJA HEDONIK DAN MOTIF BELANJA UTILITARIAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN di CHANDRA TANJUNG KARANG BANDAR LAMPUNG

TIAR MIRNASARI, 1121011034 (2016) PENGARUH ATRIBUT SUPERMARKET, MOTIF BELANJA HEDONIK DAN MOTIF BELANJA UTILITARIAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN di CHANDRA TANJUNG KARANG BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (864Kb) | Preview

Abstrak

Atribut supermarket menjadi perangsang motif pembelanja membeli produk. Motif pembelian barang diklasifikasikan dalam motif belanja Hedonik dan motif belanja Utilitarian. Pemuasan motif hedonik maupun utilitarian menjadikan konsumen setia dan loyal kepada supermarket. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah atribut supermarket, motif belanja hedonik, dan motif belanja utilitarian memiliki pengaruh baik secara (bersama-sama) simultan atau parsial terhadap loyalitas konsumen di Chandra Supermarket dan Departement Store Bandar Lampung? Antara variabel atribut supermarket, motif belanja hedonik, dan motif belanja utilitarian, manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas konsumen di Chandra Supermarket dan Departement Store Bandar Lampung? Hipotesis yang dirumuskan : Atribut Supermarket, Motif Belanja Hedonik, Motif Belanja Utilitarian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen di Chandra Supermarket Tanjung Karang Bandar Lampung. Setelah dilakukan analisis didapat hasil bahwa : Variabel atribut supermarket, motif belanja hedonik, motif belanja utilitarian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen Chandra Supermarket Tanjung Karang Bandar Lampung dapat diterima dengan pengaruh sebesar 29,017% dengan probabilitas signifikasi sebesar 0,000 yang kurang dari (0,050). Pengaruh variabel bebas penelitian yang terdiri dari atribut supermarket, motif belanja hedonik, motif belanja utilitarian memilih pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen Chandra Supermarket Tanjung Karang Bandar Lampung. Variabel motif belanja utilitarian memiliki pengaruh terbesar yaitu sebesar 40,5%. Pengaruh variabel terbesar kedua adalah variabel motif belanja hedonik sebesar 29,5%. Variabel atribut supermarket merupakan variabel dengan pengaruh terkecil yaitu sebesar 17,4%. Saran yang diajukan adalah manajemen Chandra Supermarket harus terus mencari cara untuk mendapatkan penilaian yang memuaskan dari setiap konsumen maupun calon konsumen baik melalui variabel yang diteliti pada penelitian ini yaitu atribut supermarket, motif belanja hedonik, motif belanja utilitarian maupun variabel atau faktor lain yang berpengaruh dengan cara kualitas produk yang baik, produk-produk yang ditawarkan sangat lengkap, mudah untuk melihat varian dari produk-produk yang ditawarkan oleh Chandra sepermarket serta harga yang terjangkau, lebih murah dengan produk kompetitor lain dan harga sesuai dengan manfaat produk yang telah diberikanoleh pihak Chandra Supermarket merupakan faktor yang sangat kuat dalam mempengaruhi tingkat loyalitas konsumen sehingga mendapatkan kesesuaian harapan dan penilaian yang terbaik demi terwujudnya loyalitas konsumen. Kata Kunci : Atribut Supermarket, Motif Belanja Hedonik, Motif Belanja Utilitarian, Loyalitas ABSTRACT Attributes of the incentive motive supermarket shopper buying a product. Motive purchase of goods classified in hedonic shopping motives and motif Utilitarian shopping. The gratification of hedonic and utilitarian motives make loyal customers and loyal to the supermarket. The problem in this research are: Are the attributes supermarket, motive hedonic shopping and utilitarian shopping motives have the effect either (together) or partial simultaneous customer loyalty in Chandra Supermarket and Department Store Bandar Lampung? Among the variables attribute supermarket, shopping motif hedonic and utilitarian shopping motives, which do have a dominant effect on customer loyalty in Chandra Supermarket and Department Store Bandar Lampung? The hypothesis formulated: Attributes Supermarket, Shopping Hedonic Motive, Motive Shopping Utilitarian have a significant effect on customer loyalty Chandra Supermarket in Tanjung Karang, Bandar Lampung. After analyzing the obtained results indicate that variable attributes supermarket, motive shopping hedonic, motive shopping utilitarian have a significant effect on customer loyalty Chandra Supermarket Tanjung Karang Bandar Lampung acceptable to the influence of 29.017% with a probability of significance of 0.000 which is less than (0,050). The independent variables influence which consists of attributes supermarket, hedonic shopping motives, utilitarian shopping motives choose a significant impact on customer loyalty Chandra Supermarket Tanjung Karang, Bandar Lampung. Variable utilitarian shopping motives had the greatest influence in the amount of 40.5%. The second largest variable effect is variable hedonic shopping motives of 29.5%. Supermarket attribute variables is the variable with the smallest influence is 17.4%. Suggestions put forward is the management of Chandra Supermarket must continue to find ways to get an appraisal that satisfy every customer and prospective customer either through the variables studied in this research that attributes supermarket, motive shopping hedonic, motive shopping utilitarian and variable or other factors that affect the way good product quality, the products offered are complete, it is easy to see variants of the products offered by Chandra sepermarket and an affordable price, cheaper products of other competitors and price in accordance with the benefits of the products that have been diberikanoleh the Chandra Supermarket is a powerful factor in influencing consumer loyalty level so get the suitability of hope and the best assessment in order to realize customer loyalty. Keywords: Attribute Supermarket, Shopping hedonic Motif, Motif Utilitarian Shopping, Loyalty

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HF Commerce
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Depositing User: 4271672 . Digilib
Date Deposited: 03 Jan 2017 05:04
Last Modified: 03 Jan 2017 05:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25044

Actions (login required)

View Item View Item