PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MENGATASI KECEMASAN SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Swadipha 1 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016)

EKA WAHYUNI, 1423021015 (2016) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MENGATASI KECEMASAN SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Swadipha 1 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016). Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1638Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1011Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang berbasis Reciprocal Teaching yang valid untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika serta mengatasi kecemasan siswa SMP secara efektif. Proses pengembangan LKPD merujuk pada model Borg and Gall yang meliputi studi pendahuluan dan pengumpulan data, penyusunan, pengembangan produk, serta validasi dan ujicoba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dinilai valid oleh para ahli dengan kategori baik. LKPD dapat dikategorikan efektif dengan merujuk pada siswa merespon positif saat penggunaan LKPD dalam kegiatan belajar. Pembelajaran juga efektif meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan 73,33% nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, dan hasil interpretasi angket diperoleh bahwa siswa tidak merasakan cemas saat belajar matematika dengan pencapaian presentasi sebesar 74,2%. Kata kunci : pengembangan LKPD, Reciprocal Teaching, pemahaman konsep,kecemasan. abstract This study was a research and and development which aimed to develop the valid worksheet based reciprocal teaching to improve the conceptual understanding of mathematics and to resolve the junior high school student’s mathematics anxiety. The process of worksheet development refers to the Borg and Gall models which include preliminary studies and data collection, preparation, product development, as well as validation and testing. The results showed that worksheet rated valid by experts in both categories. While the test results as the basis for product enhancements demonstrate the student had increased the minimum completeness criteria in conceptual understanding of mathematics characterized by 73.33% grades students achieved the minimum completeness criteria, and interpretation of the questionnaire achieved the presentation 74,2% was obtained that students di not feel anxious while studying mathematics. Keywords: development, reciprocal teaching, conceptual understanding, anxiety.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 7829315 . Digilib
Date Deposited: 03 Jan 2017 07:20
Terakhir diubah: 03 Jan 2017 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25050

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir