PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN INFORMASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII DI SMPN 2 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR

BERTA DESIANI, 1423031008 (2016) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN INFORMASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII DI SMPN 2 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2130Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2129Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyampaikan informasi siswa pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dan inside outside circle dengan memperhatikan minat belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparatif. Pendekatan eksperimen yang digunakan yaitu eksperimen semu. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model picture and picture untuk kelas eksperimen dan model inside outside circle untuk kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII, sampel diambil 2 kelas yaitu VII/F sebagai kelas eksperimen dan VII/D sebagai kelas kontrol diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan menyampaikan informasi siswa pada model pembelajaran picture and picture dan model inside outside circle hal tersebut ditunjukan bahwa Fhitung > Ftabel atau 6,879> 4,062, (2) kemampuan menyampaikan informasi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran picture and picture lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model inside outside circle pada minat belajar tinggi hal tersebut ditunjukan bahwa thitung >ttabel atau 17,586> 2,015, (3) kemampuan menyampaikan informasi siswa yang pembelajarannya menggunakan model inside outside circle lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model picture and picture pada minat belajar rendah hal tersebut ditunjukan bahwa thitung > ttabel atau 10,046> 2,048, dan (4) ada interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap kemampuan menyampaikan informasi siswa, hal tersebut ditunjukan bahwa Fhitung > Ftabel atau 29,559> 4,062. Kata kunci : Kemampuan Menyampaikan Informasi, Model Pembelajaran Inside Outside Circle, Model Pembelajaran Picture and Picture, Minat Belajar ABSTRACT The objective of this research was to find out the students’ ability differences in delivering information in the learning by using picture and picture and inside outside circle learning models by considering students’ learning interests. This was a comparative research by using a quasi-experiment approach. This research used picture and picture learning model for experiment classroom and inside outside circle learning model for control classroom. Population was all Grade VII students, and samples were two classrooms of classroom VII/F for experiment and classroom VII/D for control. Samples were taken with purposive sampling technique. Data were analyzed by using two paths variance analysis and two independent samples of t-test. The research results showed that: (1) there were students’ ability differences between delivering information in picture and picture learning model and inside outside circle learning model. This was shown with Fcount 6.879 > Ftable 4.062, (2) students with picture and picture learning models had better abilities in delivering information than students with inside outside circle learning model in the high learning interests, and this was shown with Fcount 17.586 > Ftable 2.015, (3) students with inside outside circle learning models had better abilities in delivering information than students with picture and picture learning model in the low learning interests, and this was shown with Fcount 10.046 > Ftable2.048, and (4) there were interactions between learning models and learning interests toward students’ abilities in delivering information, and this was shown with Fcount 29.559 > Ftable 4.062. Keywords : ability in delivering information, inside outside circle learning model, picture and picture learning model, learning interest.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 9322610 . Digilib
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:58
Terakhir diubah: 04 Jan 2017 02:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25060

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir