PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

BERLIAN BR SINULINGGA, 1213033015 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1506Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1507Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan penelitian pendahuluan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMA Yadika Bandar Lampung hanya 10 siswa yang nilainya mampu melewati KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping yang menuntut siswa berpikir tentang apa yang dipelajari, berdiskusi dengan teman, kemudian membuat peta pikiran mengenai materi sehingga siswa lebih memahami materi yang dipelajari yang berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Yadika Bandar Lampung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan model pembelajaraan Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Yadika Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan rumus Uji Eta dan Uji F. Hasil analisis yang diperoleh peneliti yaitu nilai ( )= 0,6 dan F0 = 55,38 > F(1)(68) = 4,13 artinya H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan ada pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Yadika Bandar Lampung tahun Ajaran 2015/2016.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 3627279 . Digilib
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:09
Terakhir diubah: 05 Jan 2017 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25072

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir