PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF MATERI TERMODINAMIKA PADA PEMBELAJARAN REMEDIAL

REZA FEBRATA , 0913022060 (2016) PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF MATERI TERMODINAMIKA PADA PEMBELAJARAN REMEDIAL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (765Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (764Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan berupa pengamatan, dan wawancara dengan beberapa siswa dan guru di SMK YPT Pringsewu, diperoleh bahwa guru mendukung dan membutuhkan adanya pengembangan kuis interaktif. Fasilitasfasilitas yang tersedia disekolah cukup lengkap yaitu laboratorium komputer, laboratorium fisika, dan LCD. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangan kuis interaktif materi termodinamika sebagai alternatif pembelajaran remedial; menghasilkan kuis interaktif yang menarik, mudah dan bermanfaat serta mendeskripsikan keefektifan pencapaian pembelajaran remedial setelah menggunakan kuis interaktif. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMK YPT Pringsewu kelas XI TAV dengan jumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan 5 tahap pengembangan yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi dan (5) evaluasi. Reza Febrata Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kuis interaktif menarik, mudah dan bermanfaat digunakan sebagai pembelajaran remedial. Dengan persentase kemenarikan 79,8%, hasil kemudahan 81,34%, dan kemanfaatan 80,70%. Keefektifan pencapaian program kuis interaktif ini didapatkan dari hasil gain 26,96 dan nilai gain ternormalisasi 0,46 termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: kuis interaktif, pengembangan, remedial. ABSTRACT Based on preliminary research results in the form of observations, and interviews with some students and teachers at SMK YPT Pringsewu, found that teacher support and require the development of an interactive quiz. The facilities provided are complete enough school computer lab, physics lab and LCD. The research objective of this development is to develop an interactive quiz learning materials as an alternative remedial thermodynamics; produce exciting interactive quizzes, easy and rewarding as well as describing the effectiveness of remedial learning achievement after using the interactive quiz. The research was conducted at SMK YPT Pringsewu class XI TAV with the number of 23 students. This study uses five stages of development, namely: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation and (5) evaluation. The results showed that the program exciting interactive quizzes, easy and rewarding to use as a remedial learning. by percentage the attractiveness of 79.80%, the result of the ease of 81.34%, and 80.70% of expediency. The Reza Febrata effectiveness of this interactive quiz program achievements obtained from the gain of 26.96 and 0.46 normalized gain value included in the medium category. Keywords: development, interactive quizzes, remedial.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 9383679 . Digilib
Date Deposited: 11 Jan 2017 07:38
Terakhir diubah: 11 Jan 2017 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25104

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir