PENGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ORGAN PENCERNAAN MANUSIA (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gumukrejo Tahun Pelajaran 2015/2016)

YUNISTIA WILMAN , 0913024117 (2016) PENGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ORGAN PENCERNAAN MANUSIA (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gumukrejo Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (584Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (455Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA dan observasi di kelas V SD Negeri 1 Gumukrejo Kabupaten Pringsewu, diketahui bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media animasi dalam meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas Vb sebagai kelas eksperimen dan Va sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berupa data akitivitas belajar dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan media animasi yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes lalu dihitung selisihnya sehingga diperoleh N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-U pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria baik yaitu 78 % hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu mengemukakan ide atau pendapat berkriteria baik (78 %); mengajukan pertanyaan berkriteria baik (79 %); bekerja sama dalam kelompok berkriteria baik (75 %), dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok berkriteria baik (80 %). Hasil belajar materi pokok organ pencernaan manusia pada kelas eksperimen (N-gain 48,24) lebih tinggi dan berbeda signifikan dengan kelas kontrol (N-gain 34,26). Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis uji-U dengan nilai probabilitas (N-gain 0,00 < 0,190). Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif C2 dengan rata-rata N-gain berkriteria sedang (48,81). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media animasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok Organ Pencernaan Manusia. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil belajar, Media Animasi, Organ Pencernaan Manusia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 9150131 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2017 07:39
Terakhir diubah: 26 Jan 2017 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir