SIDIQ SAPUTRA, 0913033063 (2016) PENGARUH MODEL ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRINGSEWU SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (4Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1671Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Keberhasilan dalam proses belajar mengajar dipengaruhi oleh motivasi belajar yang dimiliki siswa. Berkenaan dengan motivasi dapat dibangun dengan mengajak siswa untuk berinterkasi secara baik. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang mampu menciptakan interaksi yang baik sehingga dapat membangkitkan motivasi. Model pembelajaran Role Playing (bermain peran) merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Role Playing (bermain peran) dalam pembelajaran IPS terhadap terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Ajaran 2016- 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Role Playing (bermain peran) dalam pembelajaran IPS terhadap terhadap motivasi belajar siswa. Desain penelitian adalah pretest-postest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII E pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh model Role Playing (bermain peran) dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Pringsewu, 2)Besarnya taraf signifikansi pengaruh model Role Playing (bermain peran) terhadap motivasi belajar adalah sebesar 0,283 yang jika dimasukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kategori cukup.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LA History of education > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 1981171 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 06:25 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2017 06:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25323 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |